Triwulan II - 2018

Dalam rangka penilaian kualitas pelayanan yang diberikan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) kepada pelanggan, maka BBIHP melakukan survey kepuasan masyarakat secara berkala (triwulan) setiap tahun. Survey kepuasan masyarakat dilakukan dengan cara pelanggan diminta untuk mengisi kuesioner yang telah tersedia setelah pelayanan kepada pelanggan telah selesai. Untuk pelayanan pengujian/kalibrasi terdiri dari 19 (Sembilan belas) unsur pertanyaan, untuk pelayanan sertifikasi (Lspro) terdiri dari 18 (delapan belas) unsur pertanyaan, dan untuk pelayanan kepada mahasiswa yang magang, pelatihan dan penelitian  terdiri dari  17 (tujuh belas) unsur pertanyaan. Setiap pertanyaan diberikan nilai 1 – 4 (skala likert) dengan ketentuan sebagai berikut :

1 = tidak baik

2 = kurang baik

3 = baik

4 = sangat baik

Adapun hasil survey kepuasan pelanggan Triwulan II  Tahun 2018 sebagai berikut :

-  Jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 74 orang, terdiri dari 39 kuesioner untuk pelayanan pengujian/kalibrasi, 18 kuesioner untuk pelayanan sertifikasi, dan 17 kuesioner untuk pelayanan  mahasiswa magang dan penelitian.

-  Nilai rata-rata indeks kepuasan pelanggan BBIHP dari semua jenis pelayanan pada triwulan II tahun 2018 sebesar 3,61. Nilai ini mencapai  target yang telah ditetapkan oleh BPPI yaitu sebesar 3,5. 

-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan pengujian/kalibrasi  :

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,46

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

Dari 19 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : keberadaan maklumat pelayanan (2,65), keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran (3,00) dan ketepatan penyelesaian pelayanan (3,19). Setelah dievaluasi terkait masalah keberadaan maklumat pelayanan dan keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran, maka keberadaan maklumat pelayanan dan keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saranperlu disosialisasikan kepada pelanggan agar pelanggan mengetahui keberadaan maklumat pelayanan dan keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran yang telah disiapkan. Kemudian terkait ketepatan  penyelesaian pelayanan disebabkan karena jumlah sampel yang semakin meningkat namun sarana dan prasarana masih terbatas. 


-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan Sertifikasi Produk (Lspro)

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,71

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

Dari 18 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : Keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran (3,28), Kemudahan Prosedur Pelayanan (3,44) dan persyaratan pelayanan (3,50). Setelah dievaluasi terkait masalah keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran, perlu disosialisasikan kepada pelanggan sehingga pelanggan mengetahui dan memperhatikan keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran yang telah disiapkan. Kemudian terkait masalah kemudahan prosedur pelayanan, maka prosedur pelayanan agar disosialisasikan kepada pelanggan agar pelanggan tahu sistem prosedur yang telah ditetapkan. Serta untukmasalah persyaratan pelayanan perlu diperbaiki  agar pelanggan yang akan melakukan sertifikasi produkdapat lebih memahami persyaratan apa saja yang perlu dilengkapi untuk persyaratan pelayanan sertifikasi produk.


-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan Mahasiswa (magang, penelitian)

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,67

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

Dari 17 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran (2,80), ketepatan penyesaian pelayanan (3,20)  dan  keberadaan maklumat pelayanan (3,40). Setelah dievaluasi terkait keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran, perlu dilakukan sosialisasi kepada pelanggan agar pelanggan mengetahui dan memperhatikan keberadaan sarana pengaduan/keluhan/saran yang telah disiapkan. Kemudianuntuk ketepatan penyelesaian pelayanan disebabkan karena jumlah mahasiswa yang magang/penelitian semakin meningkat namun ketersediaan sarana dan prasarana masih terbatas. Serta untuk masalah keberadaan maklumat pelayanan perlu disosialisasikan kepada pelanggan agar pelanggan mengetahui keberadaan maklumat pelayanan yang telah disiapkan.


Makassar, 26  Juni  2018

Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik,

M. Nilzam


ALAMAT

  • Jl. Prof.DR.Abdurrahman Basalamah No. 28
    Makassar - Indonesia 90231
  • Email: bbihp@bbihp.kemenperin.go.id ; bbihp@yahoo.com ; bbihp.makassar@gmail.com
  • Website: www.bbihp.kemenperin.go.id
  • Telepon: 0411-441207 ; Fax: 0411-441135

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: data

Filename: nova/bg_footer.php

Line Number: 120

Info

Browser :
IP : 3.94.200.93

Today Visit

71 Orang

Yesterday Visit

238 Orang

Total Visitor

263935 Orang