Triwulan IV Tahun 2017

Dalam rangka penilaian kualitas pelayanan yang diberikan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) kepada pelanggan, maka BBIHP melakukan survey kepuasan masyarakat secara berkala (triwulan) setiap tahun. Survey kepuasan masyarakat dilakukan dengan cara pelanggan diminta untuk mengisi kuesioner yang telah tersedia, untuk pelayanan pengujian/kalibrasi terdiri dari 19 (Sembilan belas) unsur pertanyaan, untuk pelayanan sertifikasi (Lspro) terdiri dari 18 (delapan belas) unsur pertanyaan, dan untuk pelayanan kepada mahasiswa yang magang, pelatihan dan penelitian  terdiri dari  17 (tujuh belas) unsur pertanyaan . Setiap pertanyaan diberikan nilai 1 – 4 (skala likert) dengan ketentuan sebagai berikut :

1 = tidak baik

2 = kurang baik

3 = baik

4 = sangat baik

Adapun hasil survey kepuasan pelanggan Triwulan IV  Tahun 2017 sebagai berikut :

-  Jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 57 orang, terdiri dari 38 kuesioner untuk pelayanan pengujian/kalibrasi, 15 kuesioner untuk pelayanan sertifikasi, dan 3kuesioner untuk pelayanan  mahasiswa magang, penelitian dan pelatihan.

-  Nilai rata-rata indeks kepuasan pelanggan BBIHP dari semua jenis pelayanan pada triwulan III tahun 2017 sebesar 3,61 . Nilai ini mencapai  target yang telah ditetapkan oleh BPPI yaitu sebesar 3,4.

-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan pengujian/kalibrasi  :

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,6

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

   Dari 19 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : ketepatan waktu pelayanan (2,97) ruang lingkup pada parameter uji (3,32),  dan informasi pada sertifikat hasil uji/kalibrasi (3,34). Setelah dievaluasi penyebab masalah  waktu pelayanan adalah jumlah sampel yang semakin meningkat namun sarana dan prasarana masih terbatas. Perlu penambahan ruang lingkup parameter uji, sedangkan informasi pada sertifikat  hasil uji/kalibrasi apabila ada yang perlu ditambahkan sesuai dengan permintaan pelanggan.

-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan Sertifikasi Produk (Lspro)

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,6

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

  Dari 18 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : Ketepatan penyelesaian pelayanan(3,13),  informasi pada sertifikat SPPT SNI Lspro (3,31)  dan kemudahan prosedur pelayanan(3,31). Setelah dievaluasi terkait masalah waktu penyelesaian pelayanan disebabkan oleh jumlah sampel yang meningkat namun sarana dan prasarana dan SDM yang masih terbatas, informasi pada sertifikat SPPT SNI Lspro mungkin ada yang perlu ditambahkan sesuai permintaan pelanggan, kemudahan prosedur palayanan dapat ditinjau kembali agar lebih memudahkan pelanggan.

  -  Kesimpulan hasil survey kepuasan masyarakat untuk pelayanan Mahasiswa (magang, penelitian, pelatihan)

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,61

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

  Dari 17 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : ketepatan penyelesaian pelayanan (2,33), kompetensi instruktur pembimbing (3,00) dan Kemudahan prosedur pelayanan (3,33). Setelah dievaluasi masalah waktu penyelesaian pelayanan adalah jumlah sampel yang semakin meningkat sedangkan sarana dan prasarana masih terbatas, kompetensi instruktur pembimbing perlu ditingkatkan dalam membimbing mahasiswa/mahasiwi, perlu memperbaiki  prosedur agar lebih memudahkan pelayanan kepada mahasiswa. 


ALAMAT

  • Jl. Prof.DR.Abdurrahman Basalamah No. 28
    Makassar - Indonesia 90231
  • Email: bbihp@bbihp.kemenperin.go.id ; bbihp@yahoo.com ; bbihp.makassar@gmail.com
  • Website: www.bbihp.kemenperin.go.id
  • Telepon: 0411-441207 ; Fax: 0411-441135

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: data

Filename: nova/bg_footer.php

Line Number: 118

Info

Browser :
IP : 54.224.247.42

Today Visit

555 Orang

Yesterday Visit

302 Orang

Total Visitor

25602 Orang