Triwulan II Tahun 2017

Dalam rangka penilaian kualitas pelayanan yang diberikan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) kepada pelanggan, maka BBIHP melakukan survey kepuasan masyarakat secara berkala (triwulan) setiap tahun. Survey kepuasan masyarakat dilakukan dengan cara pelanggan diminta untuk mengisi kuesioner yang telah tersedia setelah pelayanan kepada pelanggan telah selesai. Untuk pelayanan pengujian/kalibrasi terdiri dari 19 (Sembilan belas) unsur pertanyaan, untuk pelayanan sertifikasi (Lspro) terdiri dari 18 (delapan belas) unsur pertanyaan, dan untuk pelayanan kepada mahasiswa yang magang, pelatihan dan penelitian  terdiri dari  17 (tujuh belas) unsur pertanyaan . Setiap pertanyaan diberikan nilai 1 – 4 (skala likert) dengan ketentuan sebagai berikut :

1 = tidak baik

2 = kurang baik

3 = baik

4 = sangat baik

Adapun hasil survey kepuasan pelanggan Triwulan II  Tahun 2017 sebagai berikut :

-  Jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 87 orang, terdiri dari  68 kuesioner untuk pelayanan pengujian/kalibrasi, 10 kuesioner untuk pelayanan sertifikasi, dan 9 kuesioner untuk pelayanan  mahasiswa magang dan penelitian.

-  Nilai rata-rata indeks kepuasan pelanggan BBIHP dari semua jenis pelayanan pada triwulan III tahun 2017 sebesar 3,6. Nilai ini mencapai  target yang telah ditetapkan oleh BPPI yaitu sebesar 3,4.

-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan pengujian/kalibrasi  :

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,6

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

  Dari 19 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : ketepatan waktu pelayanan (2,97), ruang lingkup parameter hasil uji/kalibrasi (3,27) dan pelayanan konsultasi hasil uji/kalibrasi (3,31). Setelah dievaluasi penyebab masalah  waktu penyelesaian pelayanan adalah jumlah sampel yang semakin meningkat namun sarana dan prasarana masih terbatas. ruang lingkup parameter hasil uji  pada parameter lingkungan perlu ditambahkan, sedangkan pelayanan konsultasi hasil uji/kalibrasi setelah sertifikat hasil uji diterbitkan harus tetap dilayani.

-  Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan Sertifikasi Produk (Lspro)

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,6

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

 Dari 18 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : Kemudahan Prosedur Pelayanan (3,00), ketepatan penyelesaian pelayanan (3,30)  dan keadilan mendapatkan pelayanan (3,40). Setelah dievaluasi terkait kemudahan prosedur pelayanan, maka prosedur pelayanan agar disosialisasikan kepada pelanggan agar pelanggan tahu system prosedur yang telah ditetapkan, masalah waktu penyelesaian pelayanan pelayanan disebabkan oleh jumlah sampel yang meningkat namun sarana dan prasarana masih terbatas. dan terkait keadilan dalam mendapatkan pelayanan, petugas diharapkan tidak membedakan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

-   Kesimpulan hasil survei kepuasan masyarakat untuk pelayanan Mahasiswa (magang, penelitian)

1.

Nilai Kepuasan masyarakat rata-rata

3,6

2.

Mutu Pelayanan

A

3.

Kinerja Unit Pelayanan

Sangat Baik

 Dari 17 unsur pertanyaan, nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan  sudah sangat baik, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu : Kemudahan prosedur pelayanan (3,33), persyaratan pelayanan (3,33)  dan kompetensi instruktur/pembimbing (3,33). Setelah dievaluasi perlu memperbaiki  prosedur dan persyaratan agar lebih memudahkan mahasiswa, kompetensi pembimbing  harus terus ditingkatkan. 


ALAMAT

  • Jl. Prof.DR.Abdurrahman Basalamah No. 28
    Makassar - Indonesia 90231
  • Email: bbihp@bbihp.kemenperin.go.id ; bbihp@yahoo.com ; bbihp.makassar@gmail.com
  • Website: www.bbihp.kemenperin.go.id
  • Telepon: 0411-441207 ; Fax: 0411-441135

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: data

Filename: nova/bg_footer.php

Line Number: 118

Info

Browser :
IP : 54.80.96.153

Today Visit

295 Orang

Yesterday Visit

303 Orang

Total Visitor

14335 Orang