• Profil

Balai Besar Industri Hasil Perkebunan

Balai Besar Industri hasil Perkebunan atau disingkat BBIHP, berkedudukan di Makassar Sulawesi selatan merupakan salah satu unit pelaksana teknis di bawah Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri Kementerian Perindustrian (BPKIMI). Institusi ini dituntut untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional sesuai dengan kebijakan Kementerian Perindustrian. Dalam menjalankan kebijakan litbang dan pelayanan jasa teknis, BBIHP berpedoman pada Kebijakan Pembangunan Industri, serta kebijakan BPKIMI dan juga tidak terlepas dari segala potensi yang ada, baik itu Sumber Daya Manusia, maupun potensi sumber daya alam yang ada di daerah Sulawesi Selatan yang tentunya juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah daerah Sulawesi Selatan.

Sejarah

1947 : Laboratorium Voor Scheikundig Onderzock sebagai Cabang dari Bogor
1952 : Balai Penyelidikan Kimia Cabang Makassar
1962 : Balai Penelitian Kimia Makassar
1980 : Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Ujung Pandang (BIUP)
2002 : Balai Riset dan Standardisasi Industri dan Perdagangan Makassar (Baristand Indag Makassar)
2006 : Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP)

Visi

Menjadi Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam Bidang Industri Pengolahan Sumber Daya Alam dan Penyedia Layanan Jasa Teknis yang Unggul dan Terdepan


Misi

1. Meningkatkan Kemampuan Litbang dan Penguasaan Teknologi yang Berorientasi pada Kebutuhan Industri

2. Meningkatkan Pelayanan Jasa Teknis yang Profesional dan Terpercaya yang Berorientasi pada Kepuasan Pelanggan


Motto

Melayani Dengan Santun dan Profesional


Struktur Organisasi


 


 


Mengapa Memilih Jasa Layanan BBIHP

Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) merupakan unit pelaksana teknis dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian. Dari 11 (sebelas) Balai Besar, BBIHP adalah satu-satunya yang berada diluar Pulau Jawa tepatnya berada di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus di Kawasan Timur Indonesia. Balai Besar Industri Hasil Perkebunan turut secara aktif mendukung reformasi birokrasi dengan menyelenggarakan pelayanan publik dalam bidang pengembangan industri baik secara lokal maupun nasional melalui penyediaan jasa layanan teknis dan teknologi meliputi litbang, pengujian, kalibrasi, sertifikasi, konsultansi, pelatihan dan Rancang Bangun Perekayasaan Industri (RBPI).

Dalam melaksanakan layanan jasa teknis, BBIHP didukung dengan kemampuan SDM yang berpengalaman dalam implementasi manajemen dan memberikan jasa pengujian sebagai laboratorium penguji yang terakreditasi sesuai SNI ISO/IEC 17025:2008 dari KAN BSN, Laboratorium Uji antara lain : Kimia, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Air dan Lingkungan, Fisika dan Mekanik. Dan dilengkapi dengan Laboratorium Kalibrasi dan Laboratorium Proses. Dalam meningkatkan mutu dan kualitas jasa layanan teknis, BBIHP senantiasa melengkapi dan memperbaharui fasilitas, infrastruktur dan manajemennya.

BBIHP juga memberikan layanan jasa SPPT SNI melalui Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) BBIHP, sebagai Lembaga Sertifikasi yang terakreditasi KAN, LSPro BBIHP telah dan akan senantiasa memberikan pelayanan terbaik dalam pemberian SPPT SNI bagi perusahaan yang ingin menerapkan SNI pada produknya.

Untuk selanjutnya kami berharap profile ini dapat dipergunakan sebagai informasi khususnya kepada dunia industri tentang layanan-layanan BBIHP yang dapat dimanfaatkan dalam rangka mengatasi permasalahan-permasalahan industry. Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) akan selalu membuka diri dan siap untuk bekerjasama dengan berbagai pihak baik kalangan Swasta, BUMN, Lembaga Litbang Pemda, Perguruan Tinggi maupun pihak-pihak lain.

Tugas Pokok dan Fungsi BBIHP

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 48/M-IND/PER/6/2006 tugas pokok dari Balai Besar Industri Hasil Perkebunan adalah melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi industri hasil perkebunan sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri

Sedangkan fungsi Balai Besar Industri Hasil Perkebunan adalah:

  • Pelaksanaan penelitian, dan pengembangan dan pelayanan jasa teknis bidang teknologi bahan baku, bahan pembantu, proses, produk, peralatan, dan penanggulangan pencemaran industri hasil perkebunan;
  • Pelaksanaan rancang bangun dan perekayasaan peralatan proses;
  • Penelitian, pengembangan, perancangan, penerapan standardisasi;
  • Pelaksanaan layanan teknis pengujian mutu bahan baku, bahan pembantu, produk akhir, hasil ikutan, dan limbah;
  • Pelaksanaan pelayanan teknis kalibrasi peralatan;
  • Pelaksanaan inspeksi teknis;
  • Pelaksanaan alih teknologi penelitian dan pengembangan;
  • Pelaksanaan penyuluhan termasuk pembinaan teknis dan ekonomis, konsultasi, dan informasi;
  • Pelaksanaan pemasaran dan kerjasama, pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi;
  • Pelayanan teknis dan administrasi kepada semua unsur di lingkungan BBIHP dan penyusunan laporan serta evaluasi hasil-hasil kegiatan yang telah dilakukan.

ALAMAT

  • Jl. Prof.DR.Abdurrahman Basalamah No. 28
    Makassar - Indonesia 90231
  • Email: bbihp@bbihp.kemenperin.go.id ; bbihp@yahoo.com ; bbihp.makassar@gmail.com
  • Website: www.bbihp.kemenperin.go.id
  • Telepon: 0411-441207 ; Fax: 0411-441135

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: data

Filename: nova/bg_footer.php

Line Number: 118

Info

Browser :
IP : 54.224.247.42

Today Visit

573 Orang

Yesterday Visit

302 Orang

Total Visitor

25620 Orang